Tzedakah di dalam Tanakh (2)

Ada satu ayat di dalam Tanakh (Kitab Suci Yahudi) yang mengatakan bahwa seseorang dapat diloloskan dari kematian, karena memberikan tzedakah.

Rabbi Akiva (50-135 EU) memiliki seorang anak perempuan. Ada seorang bernubuat bahwa pada hari yang sama dia memasuki kanopi pernikahannya, seekor ular akan menggigitnya dan dia akan meninggal. Perempuan itu sangat khawatir mengenai hal ini.

Pada hari pernikahannya, dia mengambil sebuah jepit rambut hiasan kepalanya dan menusukkannya kedalam sebuah lubang di tembok. Ternyata, jepit itu langsung menusuk mata seekor ular [yang bersembunyi di sana]. Pagi harinya, ketika dia mengambil jepit rambut itu, bangkai ular tersebut ikut tertarik keluar.

Ayahnya, Rabbi Akiva, bertanya, “Apa yang sudah kamu lakukan sehingga kamu dilayakkan untuk loloskan dari kematian oleh ular itu?” Katanya, “Malam sebelumnya, seseorang mengetuk pintu dan semua orang sibuk dengan pestanya dan tidak ada yang mendengarnya. Aku berdiri dan dan mengambil porsi yang ayah berikan kepadaku dan memberikannya kepadanya.”

Rabbi Akiva mengatakan, “Kamu melakukan sebuah perintah [taurat] dan karenanya kamu diloloskan dari maut.” Rabbi Akiva pergi dan mengajar Amsal 10:2:

לֹא־י֭וֹעִילוּ אוֹצְר֣וֹת רֶ֑שַׁע וּ֝צְדָקָ֗ה תַּצִּ֥יל מִמָּֽוֶת׃

(Amsal Salomo 10:2)

Kekayaan yang diperoleh dengan tidak jujur
tidak akan berguna,
tetapi tzedakah akan meloloskan[nya]
dari kematian.

(Amsal Salomo 10:2)
Popups Powered By : XYZScripts.com