Timur Tengah: Kubah Emas – Apa yang Sebenarnya Terjadi?

Tempat apa yang dianggap paling kudus bagi kaum Yahudi?

Har Ha-bayit (Ibrani) – Bukit Bait Suci (Indonesia) – Temple Mount (Inggris). Har Ha-bayit adalah tempat di mana sekarang mesjid Kubah Emas berdiri di Yerusalem. Kaum Yahudi percaya, bahwa Bait Suci (Salomo) dan Bait Suci kedua berdiri di sini. Di tempat ini terdapat Ruang Maha Kudus TUHAN, di mana tabut perjanjian Musa pernah disimpan. Umat Yahudi percaya, ketika Mesias datang, Bait Suci ketiga akan berdiri di tempat ini juga.

Mengapa Har Ha-Bayit/ Temple Mount/ Bukit Bait Suci? Ada apa dengan lokasi ini?

Mengenai lokasi Mesjid Kubah Emas ini, Midrash Yahudi Pirkei D’Rabbi Eliezer 35 mengatakan,

“Yakub bangkit di pagi hari dan berkata, ‘Rumah TUHAN ada di tempat ini!’ Dari sini kita dapat mengetahui bahwa mereka yang berdoa di sini,… sedang berdoa menghadap Takhta Ilahi, karena di sinilah Gerbang Surga ada, di mana pintunya terbuka kepada Dia yang mendengarkan semua permohonan.”

Hari ini, lokasi tersebut dikuasai oleh Jerusalem Islamic Al-waqf (wakaf). Kaum Muslim diijinkan naik ke bukit ini, ke mesjid Kubah Emas dan ke lapangannya, untuk sembahyang, setiap saat mereka mau. Kaum Yahudi hanya memiliki 1 jam setiap harinya, dan tidak boleh membawa alat-alat doa (tzitzit, tefilin, buku doa). Kaum Kristen yang tertangkap berdoa, akan dihentikan oleh Waqf dan diusir.

Demikian sebenarnya situasi setiap hari.

Sayangnya, kadang-kadang, kaum radikal membuat onar di Har Ha Bayit, dan Polisi serta Tentara Israel terpaksa turun tangan untuk meredam bentrokan maupun kekerasan yang terjadi — dan berita seperti inilah yang lebih disukai oleh media massa, dan dilahap dengan cepat oleh umat yang tak tau apa-apa di Indonesia.

Popups Powered By : XYZScripts.com