Etika Tentara Israel: Selebaran Peringatan dan Drone Udara

Pada tanggal 7 Juni 2018, Alan Silver dari Alan Silver News memberitakan tentang kemungkinan terjadi kerusuhan di perbatasan Gaza pada tanggal 8 Jun 2018. Menurut berita ini, Hamas mengklaim akan mengirim ratusan layang-layang berapi untuk membakar ladang-ladang pertanian Israel pada tanggal 8 Juni ini. Akan ada jutaan orang yang datang ke pagar perbatasan di Gaza dan demonstrasi terbuka akan terjadi pada hari itu. Menurut pemberitaan Hamas di media Gaza, para warga Gaza telah mempersiapkan segala macam barang yang akan dilemparkan kepada tentara Israel yang menjaga perbatasan di Gaza.

Meresponi pemberitaan ini, tentara Israel (IDF) seperti biasa telah menjatuhkan selebaran dari udara yang memperingatkan warga sipil di Gaza untuk tidak terlibat di dalam kekerasan yang direncanakan oleh Hamas ini. IDF meminta agar warga sipil tidak ikut-ikutan mencoba untuk merusak pagar keamanan perbatasan, mempenetrasi perbatasan serta menghindari terjadinya clash dengan tentara Israel. Di bawah ini ada foto dari selebaran tersebut:

Selebaran peringatan dari IDF kepada warga sipil di Gaza untuk tidak melakukan kekerasan seperti yang diprovokasi oleh Hamas untuk tanggal 8 Jun 2018.

Media di Indonesia dan di dunia tidak pernah memberitakan cara kerja IDF dengan selebaran ini. Setiap kali intel mereka menemukan bahwa Hamas merencanakan kekerasan dengan cara menggerakkan warga sipil, IDF selalu saja menjatuhkan selebaran dari langit untuk memperingatkan mereka. Tujuannya adalah untuk menghindari jatuhnya korban warga sipil. Pada kerusuhan Gaza bulan May lalu, IDF juga telah melakukan hal yang sama sebelum benturan fisik antara tentara IDF dan warga Palestina terjadi.

Berdasarkan berita online Haaretz dalam artikel ini, selebaran sebelumnya berbunyi demikian,

“Hindari pemakaian senjata dan kekerasan terhadap tentara Israel maupun warga sipil Israel… IDF akan mengambil tindakan terhadap segala percobaan pengrusakan perbatasan… Hamas sedang memanfaatkan Anda untuk menjalani aksi kekerasan terorisme mereka. Tentara IDF sudah bersiap-siap untuk menangani segala skenario yang akan terjadi. Jangan ikuti perintah Hamas yang dapat membahayakan keselamatan hidupmu… Masa depanmu ada di tanganmu!”

Selebaran ini dijatuhkan dari pesawat terbang IDF sebelum subuh di hari itu.

Sebuah drone udara menunjukkan bagaimana kerusuhan Gaza terlihat dari udara pada demonstrasi bulan May yang lalu. Di dalam video di bawah ini, terlihat jelas bahwa mereka yang memilih untuk berada jauh dari perbatasan, aman. Terlihat juga sebagian kecil warga Palestina yang berada dekat dengan perbatasan, lari simpang siur diantara ban-ban mobil yang mereka bakar sendiri.

Ditulis oleh Elisheva Wiriaatmadja, dari Israel.

Popups Powered By : XYZScripts.com