Hanukkah: Makna Besar dalam Mukjizat Kecil (5)

Apa rahasia yang terkandung di dalam kata “Makabi” dan “Hanukkah”?

Mattathias Makabi dan kelima anak laki-lakinya berperang melawan bangsa Yunani bukan karena rasa patriotisme yang tinggi. Tetapi karena rasa kesetiaan dan kecintaan mereka kepada TUHAN dan kepada TauratNya yang tinggi. Keluarga Makabi ini adalah keluarga keturunan Lewi, mereka berfungsi sebagai kaum imam di dalam bangsa Israel. Tetapi ketika nama TUHAN dicemari, Bait Suci TUHAN dinajiskan, dan hak untuk menyembah TUHAN dirampas, kaum imam ini beralih fungsi menjadi prajurit-prajurit yang membela kekudusan TUHAN.

Pahlawan terbesar di dalam keluarga ini adalah Yehuda yang juga disebut “Makabi”, yang berarti “palu”. Dengan kecintaannya kepada TUHAN dan TauratNya, dia menghantam tentara-tentara Yunani sampai habis, Tetapi tidak karena kekuatannya sendiri. Namanya sendiri di dalam bahasa Ibrani ditulis seperti ini:

מכבי (Mem-Kaf-Beit-Yod).

Ini merupakan sebuah singkatan dari kalimat dalam berbahasa Ibrani yang berbunyi, “Mi Kamocha B‘elim YHVH“. Artinya, “Siapa yang kekuatannya seperti TUHAN (YHVH)?” Dengan pengakuan dan deklarasi di dalam julukan namanya, Yehuda, sang Makabi, menghantam musuh seperti palu, bukan karena kekuatannya sendiri, tetapi karena kekuatan TUHAN (YHVH).

Tentara Yunani yang secara langsung berhadapan dengan pengikut Makabi berjumlah 44,000 orang. Makabi sendiri hanya berjumlah 12,000. Dalam perang berlangsung selama 3.5 tahun, Makabi dan pasukannya berhasil menghapus tentara Yunani dari bumi pertiwi mereka. Dan tanggal 25 bulan Kieslev mereka mulai mendedikasikan kembali — menguduskan kembali — Bait Suci yang tercemar oleh kekejian bangsa Yunani itu. Kata “hanukkah” dalam bahasa Ibrani berarti “rededication” atau “mendedikasikan kembali”. Cara penulisan kata hanukkah ini adalah demikian:

חנוכה

Tetapi kata di atas juga merupakah sebuah singkatan dari satu kata dan angka — חנו (hanu) dan כה (angka 25) — atau “hanu 25”. Yang berarti “mereka beristirahat tanggal 25”. Istirahat dari perang, istirahat dari penistaan agama, istirahat dari kekejian.

Selamat merayakan Hanukkah hari ke-5!

One thought on “Hanukkah: Makna Besar dalam Mukjizat Kecil (5)

Comments are closed.

Popups Powered By : XYZScripts.com