Hanukkah: Makna Besar dalam Mukjizat Kecil (0)

Selama delapan hari ke depan, bangsa Yahudi di seluruh dunia merayakan Hanukah dengan menyalakan lilin setiap harinya. Photo: © David Zimand / 2014

Dalam seri penggalian mendalam ini kita akan belajar lebih dalam tentang Hanukah, hari raya yang menurut banyak orang di luar Yudaisme tidak termasuk dalam hari raya yang diperintahkan oleh Torah. Benarkan demikian? Ikutilah seri ini untuk menemukan jawabannya!

Hanukkah – Makna Besar Dalam Mukjizat Kecil

Bagian ke-1:

Dari semua hari-hari raya TUHAN yang tercatat di dalam Kitab Musa (Im 23) sepertinya tidak singgungan mengenai hari raya Hanukkah. Atau… adakah?

Bagian ke-2:

Kejadian bersejarah yang melatar belakangi Hari Raya Hanukkah ternyata adalah pengulangan masa yang lebih lalu dan terulang kembali di masa kini. Kejadian-kejaian apa sajakah itu?

Bagian ke-3:

Masih adakah segelintir bangsa Yahudi di zaman ini yang mirip dengan bangsa Yahudi dahulu, penyebab perang sebelum Hari Raya Hanukkah? Bagaimana akhir dari perang tersebut?

Bagian ke-4:

Mengapa udang di meja makan, bagi bangsa Yahudi, sama kejinya dengan babi di atas mezbah?

Bagian ke-5:

Apa arti di balik kata “Makabi” dan “Hanukkah”?

Bagian ke-6:

Dari semua hari-hari raya Yahudi, tanggal jatuhnya Hari Raya Hanukkah sangat unik dan mengandung arti. Apa artinya?

Bagian ke-7:

Setelah mempelajari bahwa makna dari Hari Raya Hanukkah itu demikian besar dan dalam, seharusnya kita bertanya, “Mengapa kitab Makabi, tidak masuk ke dalam kanonisasi kitab Yahudi, yaitu Tanakh (Taurat, Naviim – kitab para nabi, dan Ketuvim – kitab-kitab kesustastraan)?”

Bagian ke-8:

Apa dampak universal yang terjadi, apabila bangsa Yahudi taat Taurat dan apabila mereka tidak taat Taurat? Apabila kita memahami konsep ini, kita bisa memahami bagaimana Mesias Yahudi sepertinya dapat membawa damai, menghilangkan penyakit, bencana alam dan perang.

Popups Powered By : XYZScripts.com