Rahasia di Balik Kata “Toldot” (Generasi)

Disadur dari pengajaran Shabbat bersama Rabbi Tovia Singer, ditulis oleh Leo Yuwono dan Elisheva Wiriaatmadja.

Kata toldot adalah bahasa Ibrani yang diterjemahkan di LAI dengan kata “silsilah” atau “riwayat”. Arti yang lebih harafiah dari kata ini adalah “generasi”. Ada beberapa rahasia besar dalam kata toldot ini. Rahasia tersebut hanya dapat dilihat dalam huruf Ibraninya dan terletak dalam pengejaannya.

RAHASIA 1:

Kata ini pertama kali muncul di Bereshit 2:4.

אֵ֣לֶּה תוֹלְד֧וֹת הַשָּׁמַ֛יִם וְהָאָ֖רֶץ בְּהִבָּֽרְאָ֑ם בְּי֗וֹםעֲשׂ֛וֹת יְהוָ֥ה אֱלֹהִ֖ים אֶ֥רֶץ וְשָׁמָֽיִם׃

Inilah generasi/ silsilah langit dan bumi ketika mereka diciptakan, pada hari dimana Hashem Tuhan menciptakan bumi dan langit. (Bereshit 2:4)

Di dalam ayat ini, kata toldot dieja dengan dua huruf vav (תוֹלְד֧וֹת). Huruf vav ini adalah sebuah piktografi yang menggambarkan manusia, dengan  nilai angka gematria 6. Angka 6 adalah angka manusia atau angka yang “melambangkan” manusia.

Di dalam budaya Yahudi Eropa ada sebuah ungkapan yang berbunyi, “Dia adalah seorang Mensch.” Mensch adalah bahasa Yiddish yang berarti “manusia”. Tetapi “manusia” yang dimaksud di sini bukanlah sembarang manusia, apalagi manusia yang korup dan jahat. Mensch adalah manusia yang sempurna secara moral dan rohani, persis seperti yang TUHAN ciptakan pada mulanya. Apabila seseorang dikatakan seorang Mensch, maka artinya adalah dia seseorang yang secara rohani dan moral merupakan orang yang terpuji.

Huruf vav di dalam kata toldot di sini melambangkan manusia jenis Mensch seperti itu. Bukan sembarang manusia. Adanya dua vav di dalam kata toldot hendak menunjukkan bahwa silsilah manusia hasil “produksi” bumi dan surga ini merupakan orang-orang Mensch. (Mengenai istilah “produksi” bumi dan surga dan apa arti ungkapan ini, silakan membaca artikel “Generasi Surga dan Bumi“.)

RAHASIA 2:

Kata toldot berikut yang akan kita pelajari terdapat dalam Bereshit 10:1.

וְאֵ֙לֶּה֙ תּוֹלְדֹ֣ת בְּנֵי־נֹ֔חַ שֵׁ֖ם חָ֣ם וָיָ֑פֶת וַיִּוָּלְד֥וּ לָהֶ֛ם בָּנִ֖ים אַחַ֥ר הַמַּבּֽוּל׃

Inilah generasi/ silsilah anak-anak Nuh – Shem, Ham, dan Yafet dan anak-anak dilahirkan bagi mereka setelah air bah. (Bereshit 10:1)

Kata toldot yang digunakan disini, kehilangan satu huruf vav (תּוֹלְדֹ֣ת) sehingga hanya ada satu vav di awal kata. Hilangnya satu vav menyatakan kepada kita bahwa generasi manusia yang disebut sesudah ini ternyata tidak semuanya adalah seorang Mensch. Salah satu darinya menjadi manusia yang korup. Kita mengetahui bahwa satu anak Nuh, yaitu Ham, rusak kelakuannya, jahat dan menyebabkan ayahnya mengutuk anak Ham. 

Kita dapat melihat ejaan yang sama di Bereshit 5:1 ketika Taurat menyebutkan silsilah Adam. Kita tahu bagaimana Kain berlaku jahat dan tidak berlaku sepantasnya seorang Mensch. Demikian juga ejaan tersebut dapat ditemukan di Bereshit 11:10 (silsilah Shem, tidak semua anak Shem menjadi Mensch), Bereshit 11:27 (silsilah Terah, tidak semua anak Terah menjadi Mensch), Bereshit 25:19 (silsilah Ishak, dari dua anak kembar, satu menjadi jahat), Bereshit 37:2 (silsilah Yakub, tidak semua keturunan Yakub menjadi seorang Mensch).

 

RAHASIA 3: 

Ejaan yang berbeda lagi muncul dalam Bereshit 25:12 mengenai silsilah Ishmael.

וְאֵ֛לֶּה תֹּלְדֹ֥ת יִשְׁמָעֵ֖אל בֶּן־אַבְרָהָ֑ם אֲשֶׁ֨ר יָלְדָ֜ה הָגָ֧ר הַמִּצְרִ֛ית שִׁפְחַ֥ת שָׂרָ֖ה לְאַבְרָהָֽם׃

Inilah generasi/ silsilah Ishmael anak Abraham yang dikandung oleh Hagar orang Mesir itu, pelayan Sarah, bagi Abraham. (Bereshit 25:12)

Dalam ejaan ini, bahkan tidak ada satu vav pun dipakai (תֹּלְדֹ֥ת). Hal ini hendak menunjukkan bahwa hampir mustahil untuk mencari seorang Mensch dari antara keturunan Ishmael. Hal ini semakin dipertegas dengan nubuat TUHAN kepada Hagar, yang menyatakan bagaimana sifat keturunan Ishmael ini nantinya.

וְה֤וּא יִהְיֶה֙ פֶּ֣רֶא אָדָ֔ם יָד֣וֹ בַכֹּ֔ל וְיַ֥ד כֹּ֖ל בּ֑וֹ

Dia akan seperti pera adam – tangannya akan melawan tangan semua orang, dan tangan semua orang akan melawannya… (Bereshit 16:12)

Lebih dalam mengenai pera adam, silakan membaca artikel “Keliaran Yang Bersifat Manusia“.

 

 

1 Comment

Comments are closed.

Popups Powered By : XYZScripts.com