Apakah Septuaginta Sebuah Tempat Kejadian Perkara Teologis?

oleh Rabbi Tovia Singer

Permasalahan: Kekristenan mengklaim bahwa kata ‘alma’ dalam Yes 7:14 berarti juga ‘perawan’. Buktinya, menurut mereka, adalah Matius mengutip ayat 7:14 ini dari terjemahan Yunani dari Tanakh Yahudi (PL) yang menerjemahkan ‘alma’ (berarti perempuan muda) dengan ‘parthenos’ (berarti perawan).

Jawaban: Dalam semangat Hari Raya Hanukah, sebuah hari raya yang menandai pembersihan pengaruh Yunani terhadap bangsa Yahudi, saya hendak membersihkan sebuah kebohongan yang telah meraja-lela.

Walaupun ada keberatan yang sengit dari kaum pembela kekristenan yang konservatif, tidak ada bukti yang mendukung bahwa terjemahan berbahasa Yunani dari Yes 7:14 yang berasal dari masa sebelum kekristenan mengandung kata Yunani παρθένος (parthenos); yang, kata argumen tersebut, dikutip oleh Matius dan menerjemahkannya dengan “perawan”.

parthenosBahkan kekristenan yang liberal pun menyatakan klaim ini sebagai fakta dan bukan dugaan teologis. Terjemahan masa sebelum Kekristenan menerjemahkan kata ‘alma’ menjadi γυνή (gune). Akibatnya, Kekristenan memproduksi sebuah terjemahan berbahasa Yunani dari Alkitab Yahudi yang memakai kata παρθένος (parthenos) dan bukan γυνή (neanis) untuk menyesuaikan dan mendukung kesalahan Matius dalam menerjemahkan Yes 7:14.

Kata benda γυνή (neanis) digunakan ratusan kali untuk menunjuk kepada seorang wanita atau wanita muda dalam LXX (Septuaginta) and Perjanjian Baru. Kata Yunani ini tidak menyiratkan arti “keperawanan” seseorang.

Bagaimana kita bisa begitu yakin bahwa kaum perancang gereja demikian beraninya memanipulasi terjemahan demi mendukung alasan-alasan teologis? Karena penerjemah Kristenmasih melanjutkan terlibat dalam praktek-praktek jahat seperti ini!

Singkat cerita, mengubah Alkitab adalah hobi nasional dari Gereja! Penulis naskah-naskah Kristen tidak membatasi prakteknya ini pada Alkitab Yahudi saja. Banyak perikop di dalam PB sengaja diinterpolasi (disisipkan) ke dalam Alkitab Kristen.

Happy Hanukah!

sept

Popups Powered By : XYZScripts.com