Hubungan Amalek dan Nazi Jerman

Di dalam Talmud, bagian Megillah 6b, ada sebuah nubuatan yang mengatakan bahwa Amalek adalah “Germamia shel Edom”. Amalek adalah putra dari Esau (Kej 36:12). Kita tahu bahwa Esau juga disebut Edom (Kej 36:1). Ketika mereka tumbuh menjadi bangsa-bangsa, semua orang Amalek adalah juga orang Edom, tetapi tidak semua orang Edom adalah orang Amalek juga.

Nubuat di dalam Megillah 6b ini mengatakan bahwa Amalek adalah “Germamia shel Edom” dimana kata “germamia” menunjuk pada koalisi beberapa negara bagian yang – apabila bersatu-padu- memiliki kekuatan untuk menghancurkan seluruh dunia. Anehnya, kata itu mirip sekali dengan kata bahasa Ibrani untuk “Jerman”, yaitu גרמניה (baca: germania). Nubuat ini hendak mengatakan bahwa orang Amalek adalah Germamia (sanggup menghancurkan dunia apabila bersatu padu) versi Edom.

Perbedaan antara cara orang Amalek berperang melawan Israel, dengan cara orang Arab jaman sekarang berperang melawan Israel, adalah bahwa orang Arab menyerang dengan cara barbar dan sangat asal, sementara orang Amalek menyerang dengan cara terorganisir sekali:

1. Mereka menciptakan dulu sebuah hukum untuk membuka jalan bagi penghancuran orang Yahudi.

2. Memakai pemerintah untuk melaksanakan pembantaian tersebut, seijin hukum tadi.

3. Pembantaian itu sendiri.

Cara mereka bekerja ini dapat kita lihat dalam kisah Ester, ketika Haman merencanakan pembantaian bangsa Yahudi di Persia. Persis dengan cara di atas ini, Haman bergerak: dia menciptakan hukum dulu, lalu memakai persetujuan Kerajaan untuk bertindak.

Menarik sekali, ini juga cara yang dipakai orang Nazi Jerman untuk menghancurkan orang Yahudi di Eropa. Mereka menciptakan hukum terlebih dahulu (Nuremberg Laws), pelaksanaan pembantaian dilakukan oleh pemerintah, dan melalui keduanya, bangsa Yahudi Eropa hendak dibinasakan.

Berdasarkan hubungan ini, Amalek dapat dikatakan merupakan sebuah foreshadow dari  Nazi Jerman.

Pelajari lebih dalam lagi, Tanakh Yahudi (Perjanjian Lama) bersama Eits Chaim Mevaserim Center, isi formulir pendaftaran di sini.

amalek

Popups Powered By : XYZScripts.com